Connect with us

    Ekbis

    Antisipasi Covid-19, Daop 3 Cirebon Batalkan 8 Perjalanan KA Argo Cheribon

    Published

    on

    CIREBON, – PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus berupaya melakukan berbagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Yang terbaru, PT KAI melakukan penyesuaian perjalanan kereta api (KA) khususnya untuk KA Argo Cheribon.

    “Terhitung mulai besok, Minggu (22/3) perjalanan KA Argo Cheribon akan mengalami penyesuaian dengan pembatalan beberapa perjalanan. Kebijakan ini juga untuk mendukung kebijakan social distancing yang diterapkan pemerintah dimana masyarakat diminta mengurangi mobilitasnya,” ungkap Manager Humasda PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif.

    Dimulai pada Minggu (22/3/2020) besok akan ada pembatalan 1 (satu) perjalanan KA Argo Cheribon, dan pada hari Senin (23/3) sampai dengan Selasa (31/3) akan ada pembatalan sebanyak 8 perjalanan KA Argo Cheribon. Dengan penyesuaian perjalanan KA Argo Cheribon tersebut, masyarakat tetap bisa memanfaatkan perjalanan KA Argo Cheribon lainnya yang masih tersedia.

    “Masih ada 10 perjalanan KA Argo Cheribon yang beroperasi dari normalnya sebanyak 18 perjalanan tiap hari,” ujar Luqman.

    Adapun jadwal perjalanan KA Argo Cheribon yang masih beroperasi diantaranya :

    Advertisement
    1. Keberangkatan Stasiun Cirebon Tujuan Gambir :
      a. KA 15 Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 06.15 WIB
      b. KA 23Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 08.35 WIB
      c. KA 27Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 14.15 WIB
      d. KA 17Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 16.47 WIB
      e. KA 25Argo Cheribon berangkat Stasiun Cirebon 17.30 WIB
    2. Keberangkatan Stasiun Gambir Tujuan Cirebon :
      a. KA 16Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 10.00 WIB
      b. KA 24Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 12.20 WIB
      c. KA 30 Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 18.10 WIB
      d. KA 18Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 20.40 WIB
      e. KA 26Argo Cheribon berangkat Stasiun Gambir 21.10 WIB

    Luqman menegaskan bahwa penyesuaian perjalanan KA Argo Cheribon tersebut bersifat sementara mengikuti kondisi perkembangan status WASPADA mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia. PT KAI juga menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan KA atas dibatalkannya beberapa perjalanan KA Argo Cheribon tersebut.

    “Semoga kondisi pandemi ini segera membaik, dan perjalanan serta pelayanan KA akan kembali seperti sedia kala,” tuturnya.

    Bagi para penumpang KA yang sudah melakukan pemesanan tiket pada KA Argo Cheribon yang dilakukan pembatalan tersebut, akan dilakukan konfirmasi oleh pihak PT KAI melalui nomor telepon penumpang yang tertera pada saat pemesanan.

    “Kami akan mengembalikan biaya sebesar 100 persen kepada para penumpang KA yang sudah melakukan pemesanan, serta akan menginformasikan untuk melakukan perjalanan pada KA lain yang masih beroperasi, jika berkenan,” jelas Luqman.

    Selain itu, PT KAI juga telah menerapkan kebijakan pengaturan jarak melalui pemasangan garis pembatas di berbagai area pelayanan stasiun dan di dalam kereta api.

    “Untuk di area stasiun, kami memberikan garis batas di area boarding pass, area loket dan pada kursi yang berada di ruang tunggu stasiun. Sedangkan di dalam kereta, khusus untuk KA jarak jauh dan menengah, atas permintaan penumpang melalui kondektur yang berdinas dapat memindahkan penumpang yang duduk berdekatan, selama masih tersedia kursi kosong pada KA tersebut,” pungkasnya.

    Advertisement

    Upaya ini, tambah Luqman, merupakan langkah implementasi dari social distancing yang saat ini menjadi himbauan dari pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid 19 yang sedang mewabah di Indonesia.

    Continue Reading
    Click to comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Yang Lagi Trend