Connect with us

    Ekbis

    Inovasi dan Kolaborasi Bikin Pelaku UMKM Cirebon Unggul di Marketplace PLN Mobile

    Published

    on

    Dua pelaku UMKM Cirebon

    CIAYUMAJAKUNING.ID: Inovasi dan kolaborasi menjadi salah satu kunci sektor UMKM mampu bertahan dan berkembang di tengah ancaman krisis ekonomi usai covid-19. Salah satunya adalah kolaborasi pelaku UMKM Cirebon.

    Ia adalah pemilik brand Mawar Fashion Cirebon Didi Kusnadi. Ia mengatakan, sejak merintis usaha busana muslim melalui penjualan online, banyak keuntungan yang didapat.

    Didi yang menjadi salah satu UMKM binaan PLN tersebut turut andil dalam mengembangkan program marketplace PLN Mobile. Didi mengaku terbantu menjual produk busana muslimnya di marketplace plat merah ini.

    “Kami ikut PLN mobile sejak 3 Mei 2023 dan saya diajak rumah BUMN Cirebon alhamdulillah ternyata banyak juga pesanan. Bahkan, kami kolaborasi membantu menjual produk UMKM lain yang penjualannya masih kurang dan hasilnya memuaskan,” ujar Didi, Kamis (1/6/2023).

    Didi menyebutkan, marketplace PLN Mobile memiliki tantangan tersendiri. Oleh karena itu, inovasi dan kolaborasi dilakukan Didi bersama UMKM lain untuk meningkatkan penjualan.

    Advertisement

    Didi pun mengajak UMKM lain untuk menjual produknya di etalase Mawar Fashion yang ada di aplikasi PLN Mobile. Bahkan, Didi pun berinovasi dengan menjual misteri box yang isinya adalah produk UMKM.

    “Hasilnya lumayan dan total pesanan kami selama bulan Mei 2023 sampai 1600 pesanan termasuk pesanan misteri boks,” kata Didi.

    Rata-rata penjualan produk Mawar Fashion milik Didi yakni 90 per hari. Produk tersebut, tidak hanya milik Mawar Fashion, namun produk hasil kolaborasi sesama UMKM.

    Dari total penjualan, inovasi penjualan misteri boks di mawar fashion 15 paket. Selama bulan Mei 2023, omset penjualan yang didapat Mawar Fashion mencapai Rp 280 juta.

    “Produk misteri boks saya jual sesuai nilai yang diatur oleh PLN Mobile yakni Rp. 125 ribu. Didalamnya berisikan kolaborasi produk-produk UMKM, seperti produk batik, makanan ringan, craft. Hal ini semata untuk meningkatkan traffic kunjungan ke PLN Mobile atau Clickbait dalam istilah digital marketing. ” Ujarnya,” ujar dia.

    Advertisement

    Hal serupa dirasakan pemilik Rengginang Kidal Cirebon Yani Risnawati. Inovasi dengan menjual produk misteri boks membuat omset penjualan di aplikasi PLN Mobile melejit.

    Yani mengajak tiga sampai empat pelaku UMKM di Cirebon untuk menjual misteri box senilai Rp 125 ribu. Secara keseluruhan ada 300 produk UMKM rengginang kidal dan misteri boks terjual dengan omset mencapai Rp 37.500.000.

    “Selama bulan Mei 2023 ada 300 produk terjual dan untuk misteri boks terjual 50 paket,” ujar dia.

     

    Advertisement
    Continue Reading

    Yang Lagi Trend