Connect with us

Ekbis

Cerita Fahmi, Sopir Logistik Melesat di Medan Berat Bersama Hilux Rangga

Published

on

CIAYUMAJAKUNING.ID: Fahmi Nur kini mulai merasa puas karena telah menyelesaikan pekerjaan dengan nyaman setelah fasilitas kendaraan baru yang diberikan lebih baik dan tanpa hambatan signifikan.

Diketahui, Fahmi berprofesi sebagai sopir logistik dari sebuah pabrik tandon di Samarinda. Ia kerap kali mengantar pesanan barang dari pabrik tandon ke toko sesuai permintaan.

Fahmi merasakan langsung perbedaan kendaraan niaga yang dikemudikan sebelumnya dan saat ini yakni Toyota Hilux Rangga. 

“Dulu saya pakai mobil Carry yang usianya sudah tua. Sekarang dapat Hilux Rangga, dan perbedaannya terasa sekali. Tarikannya mantap, karena cc-nya 2.000. Kalau dibanding L300 atau Grand Max, Rangga jauh lebih unggul di tenaga dan kenyamanan,” kata Fahmi saat ditemui Kamis (24/7/2025).

Menurutnya, kendaraan pabrikan asal Jepang tersebut turut andil mendorong laju sektor usaha lapangan yang berada di seantero Kalimantan Timur.

Advertisement

Ia mengatakan, Toyota Hilux Rangga nggak sekadar kendaraan niaga yang ciamik. Selain tenaga, Fahmi juga menyoroti satu hal penting yang kerap terabaikan yakni kenyamanan kabin.

Kemudian posisi mesin Toyota Hilux Rangga bercokol di bagian depan kendaraan. Praktis, posisi mesin tersebut memberikan efek besar dalam perjalanan jarak jauh.

“Kalau L300 atau Carry, AC-nya suka terganggu karena mesin di bawah jok. Tapi di Rangga, adem terus karena mesin di depan. Buat saya yang kerja di jalanan panas, ini penting banget,” ungkap Fahmi.

Toyota Hilux Rangga.

Diketahui, usaha jasa Toyota Hilux Rangga saat ini cukup jamak. Mulai dari pengangkut frozen food hingga logistik perkebunan, kendaraan ini menjadi tulang punggung baru.

Toyota Hilux Rangga mengawinkan menggabungkan kekuatan mesin, desain modern, dan kenyamanan kabin dalam satu paket.

Sementara itu, pujian bagi Hilux Rangga ini bukan cuma omon-omon belaka. Di lapangan, testimoni para pengguna Hilux Rangga membuktikan kepiawaian kendaraan itu.

Advertisement

Hilux Rangga bukan cuma tampil beda, tapi bisa digenjot untuk bekerja lebih keras. Hafid, Sales Person Auto2000 Wahid Hasyim mengatakan Hilux Rangga bukan sekedar kendaraan niaga, melainkan sudah menjadi partner usaha masa kini.

Ia menuturkan kehadiran Toyota Hilux Rangga bukan hanya menjawab kebutuhan pasar kendaraan niaga. Kendaraan itu juga menjadi solusi jangka panjang bagi pelaku UMKM.

“Dari usaha air galon, frozen food, sampai pengangkutan gas tabung, semua bisa difasilitasi dengan Hilux Rangga. Dan karena karoseri bisa kami bantu langsung dari dealer, UMKM bisa langsung pakai untuk operasional,” jelasnya.

Seperti diketahui, Toyota merancang dua tipe mesin untuk menjawab kebutuhan medan berat dan efisiensi bahan bakar. Yakni bensin 2.0L (1TR-FE) dan diesel 2.4L (2GD-FTV) turbo intercooler.

Ia mengatakan, yang terakhir ini sangat digemari pelaku usaha di Kaltim karena mampu menaklukkan jalur off-road berbatu maupun tanjakan perkebunan sawit.

Advertisement

“Kapasitas angkutnya bisa sampai 1,5 hingga 1,6 ton, dan dari sisi efisiensi BBM, sangat bersaing. Jadi kalau bicara kendaraan kerja, Rangga ini sudah terbukti di lapangan,” ujar Hafid.

Toyota Hilux Rangga.

Modern di Jalan, Tangguh di Medan Berat

Daya tarik Rangga tak hanya soal performa. Tampilan luar mobil ini memang jauh dari kesan kaku khas kendaraan niaga konvensional. Mulai dari grill besar, lekukan tegas, hingga wajah depan yang maskulin—semua dirancang untuk tampil gagah tapi tetap fungsional.

“Desainnya lebih modern, lebih cakep, bahkan bisa dibilang paling ‘ganteng’ dibandingkan mobil niaga lain. Tapi bukan cuma tampilan, mesinnya juga tangguh,” kata Hafid.

“Kalau di dunia otomotif, kami sebut bagian ‘hidung’nya. Nah, Rangga punya karakter di bagian ini, makanya banyak pelanggan bilang tampilannya tampan,” tambahnya sambil tertawa.

Toyota juga menghadirkan karoseri siap pakai. Mulai dari flat deck, box tertutup, hingga refrigerated box yang cocok untuk pengusaha frozen food.

Advertisement

Semuanya bisa dipesan langsung dari dealer resmi, memotong kebutuhan modifikasi tambahan.

Dipercaya Pelaku Usaha Sawit hingga UMKM

Di Kalimantan Timur, permintaan Hilux Rangga memang paling tinggi datang dari sektor perkebunan dan pelaku UMKM pengangkut bahan pokok, air galon, hingga produk beku.

Daya tahan sasis berbasis platform Toyota Hilux dan suspensi leaf spring di belakang, membuat kendaraan ini tahan banting saat membawa muatan penuh di jalanan berat.

“Pelanggan dari perkebunan senang karena tenaganya kuat. Mereka butuh kendaraan yang bisa tahan banting, dan Rangga menjawab itu. Selain itu, desainnya kekinian, enggak kayak kendaraan niaga jadul,” ujar Hafid.

Advertisement

Dengan jaringan servis luas dan ketersediaan suku cadang asli hingga pelosok, Hilux Rangga tak hanya menjanjikan performa, tapi juga ketenangan dalam jangka panjang.

Continue Reading

Yang Lagi Trend