Connect with us

Ekbis

Strategi VinFast Guncang Pasar Mobil Listrik di Indonesia, Pabrik Baru Hingga Siapkan 63.000 Charger

Published

on

CIAYUMAJAKUNING.ID: Maraknya kendaraan listrik memotivasi para pengusaha di bidang industri otomotif terus memutar otak agar produknya diterima pasar.

Seperti yang dikakukan VinFast Indonesia yang memiliki beragam strategi menembus pasar kendaraan listrik Indonesia. Deputi CEO of Sales and Network Development VinFast Indonesia, Aldo Andityra Rais menjabarkan dalam upaya menembus pasar kendaraan listrik di Indonesia, VinFast memiliki keunggulan pada kecepatan inovasi.

VinFast adalah anak usaha VinGroup, perusahaan raksasa Vietnam yang bergerak di berbagai industri, mulai dari teknologi, real estat, hingga industri.

“VinFast memiliki misi, values, vision untuk mendorong elektronik di seluruh Indonesia,” jelas Aldo, saat memberi materi di Local Media Summit, Rabu (8/10/2025).

Ia menceritakan bahwa VinFast bukan produsen baru kendaraan listrik. Mereka memulai dengan motor listrik pada 2018, masuk ke kendaraan roda empat pada 2017, dan baru beralih ke kendaraan listrik pada 2021, dengan produksi dimulai pada 2022.

Advertisement

“VinFast itu harus cepat. Kita bisa lihat sebagai contoh yakni Tesla, Tesla hanya berhasil mengembangkan 5 model, kemudian Xpeng ini baru hanya berhasil mengembangkan 4 model. Kita (VinFast) kurun waktu yang sama sudah mengembangkan 7 model di global, salah satunya Indonesia,” paparnya.

Pabrik utama VinFast di Hau Phong, Vietnam, merupakan yang terbesar di Vietnam dengan kapasitas produksi 300.000 unit per tahun.

Strategi VinFast di Indonesia tidak hanya fokus pada penjualan kendaraan listrik, tetapi juga pada pengembangan ekosistem.

“Di Subang, Jawa Barat, kita akan membuat juga untuk pabrik produksi,” imbuhnya.

Dalam hal distribusi, VinFast sudah memiliki 29 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Yang paling ambisius adalah target infrastruktur pengisian daya.

Advertisement

“Target kami 63 ribu charger untuk bisa tersebar di seluruh Indonesia, nantinya ada di kantor-kantor Pos Indonesia, kita kerja sama dengan kantor Pos. Karena kantor Pos Indonesia ini tersebar di setiap wilayah tingkat kecamatan di Indonesia,” paparnya.

Chairman of Indonesia Automotive Journalist Forum, Krisna Arie Prasetya membagikan elemen-elemen daya tarik dalam berita otomotif yang dapat diterapkan oleh media lokal.

“Jika kita sudah passion pasti ketika menulis akan dengan hati, kalau sudah hobi pasti akan sangat lebih bagus hasilnya,” ujar Krisna.

Selain passion, ada beberapa kiat praktis kata jurnalis senior otomotif, yakni Pahami Istilah Otomotif. Kata dia, jurnalis perlu menguasai seluk-beluk terminologi otomotif agar tulisan lebih kredibel dan menarik. Pemahaman harian akan meningkatkan kualitas konten.

Kemudian Gunakan Bahasa yang Tepat. Istilah-istilah teknis kata dia perlu disederhanakan dengan penjelasan yang mudah dimengerti, disesuaikan dengan target pembaca media lokal.

Advertisement

Lalu pemilihan Angle dan judul menarik. Dia menjabarkan bahwa tentukan target pembaca terlebih dahulu untuk merangkum angle dan judul yang paling relevan dan mengundang rasa penasaran.

Selanjutnya kembali kata dia pada penggunaan data, Informasi harus didukung oleh fakta dan angka, bukan asumsi. Hal ini akan meningkatkan kredibilitas berita dan kepercayaan publik terhadap pesan yang disampaikan.

Terakhir yakni artikel dan Media Sosial. Untuk tema artikel dia berucap bahwa dapat menjadi dasar untuk konten video dengan menambahkan elemen visual, audio, dan grafis agar lebih menarik di platform media sosial.

“Seperti contohnya kita bisa membedah angle menarik dari kekinian yakni soal mobil listrik, kita bisa bedah pertama kali pencipta baterai mobil listrik itu siapa. Kita bisa olah, agar juga pembaca bisa mengenal dengan baik.” ungkap dia.

Ia lantas menyebut Alessandro Volta, ilmuwan Italia penemu baterai listrik pertama pada sekitar tahun 1800, sebagai salah satu contoh sejarah yang bisa dieksplorasi

Advertisement

Selain itu, review kendaraan dengan struktur jelas bentuk, interior, fitur, jarak tempuh juga menjadi konten yang diminati pembaca.

Continue Reading
Advertisement

Yang Lagi Trend