Connect with us

Teknologi

Inovasi NYAI Indramayu Siap Unjuk Gigi di Final KIJB 2025

Published

on

CIAYUMAJAKUNING.IDDiskominfo Indramayu sukses menembus final Top 30 Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB) 2025 yang di gelar di Gedung Dispusip Jabar, Bandung yang menjadi wadah menampilkan gagasan dan implementasi inovasi layanan publik terbaik.

‎Indramayu membawa inovasi yang di beri tajuk NYAI (Indramayu AI) dalam kegiatan yang di gelar mulai dari tanggal 21-24 Oktober 2025

NYAI merupakan sebuah terobosan berbasis kecerdasan buatan guna mendukung transformasi digital dalam tata kelola pemerintahan yang cerdas, efisien dan responsif.

Plt Kadiskominfo Indramayu Atang Suwandi mengatakan NYAI merupakan inovasi guna memperkuat arah pembangunan menuju pemerintahan digital.

‎Menurutnya, inovasi NYAI secara langsung menjawab isu strategis Jabar terkait peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan.

Advertisement

“Terutama dalam hal efisiensi, efektivitas dan pemanfaatan teknologi guna mendukung reformasi birokrasi dan pelayanan publik,” ujarnya, Rabu (22/10).

Heru Susanto, Kabid TIK Diskominfo menambahkan inovasi ini lahir dari kebutuhan akan sistem pengaduan masyarakat yang terstruktur dan terpantau real-time.

Selama ini, kanal aduan masyarakat tersebar di berbagai platform seperti WhatsApp dan media sosial.

“Dengan NYAI, semuanya di satukan dalam satu dashboard terpadu,” ungkapnya.

Setiap aduan, sambung Heru, dapat di tindaklanjuti lebih cepat, bahkan di luar jam kerja karena ada sistem AI yang siap merespons 24 jam.

Advertisement

Saat ini, Diskominfo Indramayu telah menangani 4.790 interaksi masyarakat dan mengintegrasikan empat kanal media sosial.

Di tambah lebih dari 40 chatbot aktif di website pemerintah daerah.

Waktu respon menjawab pertanyaan umum kini kurang dari 10 detik, dan hasil survei kepuasan masyarakat mencapai skor 80,66 dengan kategori baik.

‎Menurut inovator Indra Kusumah, pengembangan NYAI menjadi bukti kemampuan Pemkab Indramayu dalam beradaptasi terhadap kemajuan teknologi.

‎“Meski masih tahap penyempurnaan, arah pengembangannya sudah jelas yaitu meningkatkan kecepatan dan kepuasan masyarakat dalam layanan publik,” ujarnya.

Advertisement

‎Indra menambahkan, tantangan ke depan adalah memperluas basis data layanan publik supaya sistem NYAI semakin kaya informasi. ***

Continue Reading
Advertisement

Yang Lagi Trend