Connect with us

    Umum

    Cara Mengirim Lamaran Kerja Melalui Email

    Published

    on

    Lowongan Kerja

    CIREBON, CIAYUMANAKUNING.ID – Pada era teknologi ini semua aktivitas manusia serba dipermudah termasuk melamar pekerjaan.

    Dalam hal melamar kerja, tak perlu lagi repot untuk calon pelamar datang ke perusahaan yang dituju. Apalagi di tengah suasana pandemi covid-19 yang membatasi segala aktivitas kita.

    Ragam kemudahan dan akses teknologi yang diperoleh masyarakat memudahkan kita untuk melamar pekerjaan. Seperti melalui surat elektronik atau email bisa dijadikan media melamar pekerjaan.

    Namun, tak sedikit juga kendala dialami calon pelamar setiap mengirim lamaran kerja melalui email. Berikut tips cara melamar kerja melalui surel atau email seperti dilansir dari akun resmi IG Disnakercirebonkota

    1. Ukuran File

    Advertisement

    Sebelum mengirim lamaran, surat lamaran baiknya diketik dengan laptop atau komputer. Untuk lampiran seperti KTP, ijazah dan lainnya disarankan di scan.

    Jika semua file lamaran sudah siap, pastikan format atau ukuran file tidak lebih dari 1 MB. Karena ukuran file yang kurang dari 1MB memudahkan perusahaan untuk mengunduh file pelamar.

    Sehingga perusahaan tidak membutuhkan banyak kuota hanya untuk mengunduh folder lamaran kerja.

    2. Zip/rar

    Tips kedua setelah semua file lamaran siap calon pelamar tinggal mengirim file tersebut ke email perusahaan yang dituju. Namun, penting untuk diingat, pelamar jangan mengirim dalam format zip atau rar.

    Advertisement

    Ini karena format zip/rar dianggap tidak efisien karena perusahaan terlebih dahulu harus mengekstrak file.

    3. PDF

    Tips ketiga yaitu setelah memformat ukuran file lamaran dan lampirannya. Calon pelamar disarankan untuk mengirim dalam format Pdf.

    Dibuat Pdf karena dapat memudahkan perusahaan untuk mengunduh file lamaran kita dan langsung membukanya.

    4. Penamaan File

    Advertisement

    Penting untuk diperhatikan, sebelum mengirim keseluruhan file lamaran kerja. Pastikan masing-masing file diberi penamaan yang jelas dan ideal.

    Ini untuk membantu memudahkan manajemen perusahaan mengidentifikasi calon pelamar apabila terpilih menjadi kandidat calon pekerja. Format penamaan yang ideal seperti contoh : CV Bima, Surat Lamaran Kerja Bima.

    5. Subjek Email

    Sebelum mengirim file lamaran melalui email, pastikan alamat email benar. Selain itu, penulisan subjek email pun harus sesuai ketentuan perusahaan.

    Contoh : Lamaran Kerja_Manajer Pemasaran

    Advertisement

    6. Badan Email

    Setelah menulis subjek email jangan lupa perkenalkan diri. Calon pelamar bisa memperkenalkan diri dengan cara menulisnya di badan email.

    Selain memperkenalkan diri, isi badan email sebaiknya menjelaskan tentang maksud surat dan lampiran.

    7. Email Profesional

    Tips terakhir penamaan alamat email pelamar disarankan tidak alay. Cukup nama tanpa perlu yang lain.

    Advertisement

    Selamat Mencoba

     

    Continue Reading

    Yang Lagi Trend