Connect with us

    Ekbis

    Bandara Kertajati Bakal Suguhkan Fasilitas Layanan Penerbangan Kelas Dunia

    Published

    on

    CIAYUMAJAKUNING.ID – Guna kelancaran perjalanan ibadah umrah, PT Angkasa Pura II (AP II) memastikan kesiapan seluruh fasilitas Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, baik dari sisi udara (airside) maupun sisi darat (landside) mulai November mendatang.

    VP of Corporate Communications AP II Akbar Putra Mardhika menuturkan, seluruh aspek dan fasilitas di Bandara Kertajati dipastikan siap melayani maskapai dan para jemaah umrah yang akan melakukan perjalanan ke Tanah Suci.

    “Bandara Kertajati akan menjadi pionir dalam menghadirkan layanan kelas dunia bagi jemaah umrah,” ucapnya, Sabtu (24/09).

    Akbar menambahkan, bandara yang berada di Kecamatan Kertajati itu menyiapkan fasilitas lengkap bagi jemaah dengan area yang lebih luas dan layanan terbaik.

    Sehingga, kata dia, Bandara Kertajati dapat menghadirkan kenyamanan bagi jemaah umrah dan juga keluarga.

    Advertisement

    Sementara itu, Plt. Executive General Manager Bandara Kertajati Yudha Nugraha menuturkan, Bandara Kertajati diperkuat runway berdimensi 3.000 x 60 meter yang dapat melayani penerbangan pesawat berbadan sedang seperti Boeing 737 dan Airbus A320, hingga pesawat berbadan lebar (widebody) seperti Boeing 777 dan Airbus 330.

    Tak hanya itu, ia menuturkan, sisi udara juga didukung 22 tempat parkir pesawat (parking stand), lima parallel taxiway, dua cross taxiway dan dua gate taxiway.

    Setiap jamnya, ucap Yudha, Bandara Kertajati dapat melayani 16 pergerakan penerbangan.

    Guna mendukung aspek keselamatan, AP II menyiapkan tim Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) yang diperkuat 17 personel dan dilengkapi berbagai perlengkapan termasuk kendaraan operasional antara lain foam tender, nurse tender dan commando car.

    Di dalam terminal, juga disiapkan total 24 konter check in yang sebagian akan digunakan untuk penerbangan internasional termasuk umrah.

    Advertisement

    Tersedia juga dua garbarata (aviobridge) yang mengkoneksikan terminal dengan pesawat sehingga memudahkan penumpang untuk naik ke pesawat.

    Operasional dan layanan bandara di sisi darat juga didukung personel Customer Service, Terminal Inspection Service, Facility Care dan Aviation Security.

    Yudha menambahkan, sebagai upaya menghadirkan kenyamanan dan menyambut para jemaah umrah, AP II akan melakukan perubahan desain interior di sejumlah titik di terminal penumpang Bandara Kertajati.

    Di area keberangkatan dan kedatangan diterapkan konsep desain bernuansa Islami dan kearifan lokal setempat. ***

    Advertisement
    Continue Reading

    Yang Lagi Trend