Connect with us

    Teknologi

    Trik Kelola Bisnis Media Online pada Ajang Sumatera Media Summit 2024

    Published

    on

    CIAYUMAJAKUNING.IDEra digital menjadi peluang dalam pengelolaan ekosistem bisnis terutama media lokal mengingat tingginya pengguna internet di Indonesia. Oleh karenanya, perlu terobosan dan inovasi dalam menjawab tantangan era digital.

    ProPS Google Partner Ilona Juwita mengatakan ada tiga indikator prioritas dalam mengelola media online yakni teknologi, distribusi dan optimasi website.

    “Teknologi melihat bagaimana speed indeks media yang di kelola,” ujarnya dalam ajang Sumatera Media Summit 2024 di Palembang, Senin (06/05).

    Indikator kedua adalah mengelola konten meski kemampuan pengelolaan website biasa mulai dari pemilihan ide hingga foto.

    Menurut Ilona masih banyak pengelolaan media masih menggunakan foto berukuran besar yang berpengaruh terhadap performa website.

    Advertisement

    “Kalau image terlalu besar nanti akan ada tambahan plug in sehingga berpengaruh kepada website,” terangnya.

    Selain itu, pemanfaatan teknologi Artificial Intelegen (AI) di nilai penting untuk optimasi.

    Indikator terakhir yakni optimasi pendapatan iklan sehingga pengelola media harus update menggali potensi bisnis.

    FGD pada ajang SMS 2024.. (ciayumajakuning.id)

    Salah satu caranya, mengetahui seberapa jauh pengunjung terganggu dengan munculnya iklan pada website.

    “Tidak semua publisher punya kemampuan mengelola data. Konten sebagus apapun kalau tak bisa di akses, percuma,” kata Illona.

    Regional Head of Succes Management at MGID (Asia Pacific) Aliefah Permata Fikri menyarankan pengelola menentukan DNA website dalam mengelola bisnis media,

    Advertisement

    “Seperti fokus pada informasi news, anak muda, maupun evergreen,” ujarnya.

    Melalui penentuan DNA akan mudah memetakan pasar dan distribusi konten strategis bahkan hingga menyasar ke negara lain.

    “CPC terbesar ada di US, Kanada dan UK maka buatlah sedemikian rupa konten untuk di distribusi kesana,” ujar Aliefah.

    Selain website, pengelola di sarankan optimasi media sosial yang saat ini penggunanya sangat dominan.

    Pengelola media juga wajib mengetahui peringkat website yang di kelola.

    Advertisement

    “Pilih partner bisnis dan inspirasi yang tepat supaya saling terbuka untuk membantu,” demikian tutupnya. ***

    Continue Reading

    Yang Lagi Trend