CIAYUMAJAKUNING.ID – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mendukung dan terlibat langsung dalam peringatatan Hari Berita Sedunia melalui pemuatan konten media sosial yang berisi materi kampanye ‘Pilih Kebenaran’.
Hari Berita Sedunia merupakan inisiatif global guna menarik perhatian terhadap peran dan fungsi jurnalis yang di peringati tiap tanggal 28 September.
Kampanye ‘Pilih Kebenaran’ merupakan apresiasi komitmen para jurnalis melaporkan fakta akibat meluapnya misinformasi dan disinformasi.
“Hari Berita Sedunia momen merenungkan peran penting jurnalis independen dan berani di setiap negara,” kata David Walmsley, pendiri Hari Berita Sedunia.
Apa yang di lakukan jurnalis, ucap Pemred The Globe and Mail itu, guna menyediakan fakta dan bukti dalam mengungkap kebenaran.
Branko Brkic, peraih Nobel Maria Ressa dalam artikel bersama menulis:
“Keributan dan kekerasan pada akhirnya akan mereda, dan perbincangan berdasarkan kebenaran dan kesantunan akan kembali. Untuk saat ini, kita berjuang – setiap saat, setiap jam, setiap hari… untuk membela Kebenaran.”
Koran Daily Maverick dari Afrika Selatan pimpinan Brkic menginisiasi proyek Kontinuum.
Proyek ini untuk menegaskan peran positif media berita dalam komunitas global.
Choose Truth adalah cetak biru lembaga ini untuk kolaborasi di masa mendatang.
Presiden WAN-IFRA Ladina Heimgartner yang juga CEO Ringier Media Swiss mengatakan:
“Dengan ‘Pilih Kebenaran‘, kami menekankan komitmen bersama untuk membela prinsip-prinsip jurnalisme berbasis fakta. Kampanye ini mengingatkan kebenaran bukan sekadar pilihan – itu adalah fondasi masyarakat yang bebas dan demokratis.”
Organisasi pers dunia WAN-IFRA (The World Association of News Publishers) yang beranggotakan 3.000 perusahaan dan 60 asosiasi penerbit di bentuk.
WAN-IFRA mewakili 18.000 publikasi di 120 negara dengan misi melindungi hak jurnalis dan mendorong independensi media.
World Editors Forum adalah jaringan kerja bagi para editor di bawah WAN-IFRA.
Yayasan Jurnalisme Kanada (CJF) yang berdiri tahun 1990 memiliki misi mempromosikan, mendukung dan memfasilitasi seluruh keunggulan kerja jurnalistik.
CJF menyelenggarakan program penghargaan dan beasiswa tahunan bergengsi yang menghadirkan para pemimpin berita, jurnalis, dan perusahaan.
Melalui J-Talks bulanan, CJF memfasilitasi dialog antara jurnalis, pebisnis, akademisi dan mahasiswa tentang peran media.
CJF juga mendorong peluang untuk pendidikan, pelatihan dan penelitian jurnalisme.
Sejak awal berdiri pada 2017, AMSI sudah terlibat aktif dalam peningkatan kualitas jurnalistik dan bisnis media di Indonesia.
Cek Fakta, Trustworthy News Indicators, dan Indonesia Digital Conference adalah beberapa contoh program strategis yang telah di jalankan AMSI. ***