Connect with us

Umum

Kinerja Disdukcapil Kuningan Tahun 2025 Terbaik se-Jabar

Published

on

CIAYUMAJAKUNING.ID – Meski dalam serba keterbatasan, Disdukcapil Kuningan terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terbukti dengan raihan prestasi capaian kinerja terbaik se-Jawa Barat (Jabar).

Hal tersebut di utarakan Bupati Kuningan Dian Rachmat Yanuar saat memberikan penghargaan pada Kadisdukcapil Kuningan Yudi Nugraha.

Apresiasi di berikan atas capaian Dukcapil Kuningan yang meraih nilai 89,47 (kategori baik) dalam Penilaian Kinerja Kadisdukcapil 2025.

“Tertinggi di Jabar berdasarkan Keputusan Mendagri RI No.8001.3.3-1165/Dukcapil 2025,” ujarnya saat apel pagi di Setda, Komplek KIC, Senin (04/08).

Kadisdukcapil Yudi menyebutkan penilaian kinerja meliputi empat aspek utama.

Advertisement

Yakni Cakupan Hasil Pelayanan, Inovasi Pelayanan, Pemanfaatan Data Warehouse (DWH), dan Kerja Sama Antar-Stakeholder.

Untuk Cakupan Hasil Pelayanan tahun 2024, semua komponen Indikator Kinerja Utama (IKU) terpenuhi 100 persen.

“Bahkan cakupan Kartu Identitas Anak (KIA) mencapai 126 persen,” sambungnya.

Sepanjang 2024, Pemkab juga sukses menciptakan lima inovasi layanan yaitu, Wakuncar, Jumpa Fans, Dukcapil Tamasya, Si Takun dan Pelita Anak.

Dalam aspek pemanfaatan DWH, masyarakat dapat mengakses data kependudukan secara terbuka melalui aplikasi SI TAKUN.

Advertisement

Sistem Informasi Data Agregat Kependudukan Kuningan (SI TAKUN) menjadi salah satu menu dalam website resmi Pemkab Kuningan.

Ada pun capaian kerja sama antar-stakeholder telah mencapai 76,04 persen dari target 44 persen.

“Mmelalui perjanjian kerja sama dengan berbagai OPD dan lembaga swasta,” ungkap Yudi. ***

Continue Reading
Advertisement

Yang Lagi Trend