Umum
Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp dan SMS
Ciayumajakuning.ID – Meskipun kini orang telah banyak mencari kerja melalui jejaring media sosial atau internat. Nyatanya, pencari kerja tetap masih bingung bagaimana cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp dan SMS.
Orang-orang sebelumnya mencari pekerjaan melalui informasi lowongan kerja di koran atau datang langsung ke kantor pos. Namun, dengan adanya internet dan perangkat smartphone yang dimiliki, mencari informasi lowongan kerja menjadi lebih efektif dan efisien.
Para pencari kerja dapat menanyakan lowongan kerja melalui portal website, media sosial, maupun aplikasi online chat. Namun, sebelum menanyakan perihal lowongan pekerjaan kepada HRD suatu perusahaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Beberapa hal tersebut seperti foto profil, penggunaan bahasa, dan waktu pengiriman pesan. Setelah mengetahui ketentuan yang perlu diterapkan, Anda pun sudah bisa mengirimkan pesan chat kepada HRD atau Tim Rekrutmen suatu perusahaan.
Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp dan SMS.
1. Memperkirakan waktu mengirim pesan
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat akan menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp atau SMS adalah waktu mengirim pesan. Usahakan untuk mengirimkan chat atau pesan pada saat jam kerja. Jika Anda mengirimnya pada malam hari maka pesan tersebut akan berpotensi tertumpuk oleh pesan lain dan mungkin tidak akan terbaca oleh HRD.
2. Mengucapkan salam pembuka
Mengucapkan salam pembuka merupakan pembukaan yang tepat untuk menanyakan lowongan kerja. Adapun salam pembuka yang bisa digunakan seperti, selamat pagi/selamat siang/selamat sore Pak/Bu. Tentunya, salam pembuka tersebut perlu disesuaikan pada waktu pengiriman pesan chat.
3. Memperkenalkan diri
Setelah mengucapkan salam pembuka, Anda perlu memperkenalkan diri dan identitas singkat, seperti usia dan latar belakang pendidikan. Hal ini perlu dicantumkan agar pihak HRD mengetahui siapa Anda sebagai pengirim pesan atau chat.
4. Menjelaskan keperluan
Setelah memperkenalkan diri, Anda selanjutnya perlu menjelaskan keperluan Anda, yakni untuk menanyakan lowongan pekerjaan. Tanyakan lowongan pekerjaan yang ingin Anda lamar secara detail, termasuk detail divisi atau bidang.
Jangan lupa untuk memberitahu kepada HRD dari mana Anda mendapatkan informasi perihal lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan tersebut.
5. Mengucapkan salam penutup
Bagian terakhir dari chat atau pesan Anda adalah salam penutup. Ucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh HRD yang sudah bersedia membaca pesan Anda. Tidak perlu menggunakan bahasa yang bertele-tele sehingga maksud dan tujuan pesan dapat tersampaikan dengan baik.***
- Teknologi2 tahun ago
SamFW Tool 4.0 Tool Gratis FRP Samsung Cukup Satu Klik
- legal2 tahun ago
Dimana Ada Proyek Wajib Ada Papan Proyek, Ini Dasar Hukumnya
- Umum1 minggu ago
Gerakan Pangan Murah di Kabupaten Cirebon Hadirkan Solusi bagi Masyarakat
- Umum1 minggu ago
Viral di Medsos, Oknum Anggota DPRD Kabupaten Cirebon Diduga Lakukan Pelecehan Seksual
- Lifestyle1 minggu ago
Program Pembangunan Pemkab Cirebon Diminta Sesuai Kebutuhan Penyandang Disabilitas
- Budaya1 minggu ago
Tradisi Memitu Indramayu Resmi Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia
- Ekbis2 minggu ago
Serikat Buruh Cirebon Timur Temui Pj Bupati Bahas Regulasi Upah Minimum
- Ekbis1 minggu ago
Kuningan Diganjar Penghargaan Pinunjul Award 2024 dari BI Jabar