Connect with us

Teknologi

Respons Aduan Masyarakat Pemkab Cirebon Tercepat di Jabar

Published

on

CIAYUAMAJAKUNING.IDPemkab Cirebon menjadi daerah paling gesit dalam menindaklanjuti aduan masyarakat melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional–Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).

Hal ini disampaikan dalam kegiatan Optimalisasi Governansi SP4N-LAPOR! yang di gelar Ombudsman dan Pemprov Jabar.

“Respons tercepat se-Jabar adalah Kabupaten Cirebon,” kata Kadiskominfo Jabar Ika Mardiah di Hotel Mercure, Kota Bandung, Selasa (19/11).

Pemkab Cirebon merespons 100 persen dari total 612 aduan yang di terima dan tindak lanjutnya rata-rata 2,8 hari dengan kualitas ‘baik’.

Catatan positif lainnya yakni Pemkab Cirebon telah meningkatkan sosialisasi tentang SPAN-LAPOR! kepada masyarakat.

“Sosialisasi tentang SP4N-LAPOR! terus di tingkatkan ke masyarakat Kabupaten Cirebon,” pesannya.

Kegiatan Optimalisasi Governansi SP4N-LAPOR! (Pemkab Cirebon)

Ika juga menyampaikan tentang evaluasi yang harus di lakukan pemerintah teruta,a Rencana Aksi (RENAKSI) SP4N-LAPOR! 2024.

Sementara itu, Kadiskominfo Kabupaten Cirebon Bambang Sudaryanto mengatakan keberhasilan ini tak terlepas dari komitmen kepala daerah beserta jajaran.

“Untuk mendengarkan dan menindaklanjuti keluhan masyarakat, terutama isu strategis seperti infrastruktur jalan serta pencemaran lingkungan,” ujarnya.

Menurut data pengelolaan SP4N-LAPOR! Jabar yang di susun, sebanyak 2.878 aduan di terima dari 1 Januari hingga 15 November 2024.

Dari total aduan itu, 1.702 berasal dari aplikasi Sapawarga dan 1.176 aduan SP4N-LAPOR! sedangkan 1.306 aduan di tujukan untuk pemerintah daerah di Jabar.

Aduan paling banyak menyangkut infrastruktur jalan yakni mencapai 219 aduan di susul pencemaran lingkungan yang mencapai 198 aduan. ***

Continue Reading

Yang Lagi Trend