Connect with us

Teknologi

SP4N-Lapor! Aplikasi Layanan Aduan Warga Majalengka

Published

on

CIAYUMAJAKUNING.ID – Sebanyak 160 admin pengelola pengaduan Perangkat Daerah dan BUMD Kabupaten Majalengka mengikuti diseminasi SP4N – Lapor! yang di gelar oleh Diskominfo Majalengka di di Hotel Garden Majalengka, Selasa (02/07).

Kadiskominfo Majalengka Gatot Sulaeman mengatakan SP4N-LAPOR! merupakan layanan penyampaian aspirasi dan pengaduan masyarakat (dumas) secara online.

“Layanan ini terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggara pelayanan publik,” terangnya.

Kegiatan diseminasi SP4N – Lapor!, jelas Gatot, bertujuan dalam rangka percepatan tindak lanjut pengaduan masyarakat.

Ia menerangkan pengaduan masyarakat yang masuk ke admin SP4N Lapor! dari Januari sampai Juni 2024 sebanyak 32 laporan dan 31 telah di tindak lanjuti.

“Kebanyakan pengaduan yang masuk merupakan pelayanan umum yang langsung berhubungan dengan masyarakat,” ujar Gatot.

Infrastruktur menjadi sektor terbanyak yang di laporkan, di susul ketenagakerjaan, perhubungan jalan, pelayanan air bersih dan pendidikan.

Gatot mengajak masyarakat supaya tidak takut untuk menggunakan aplikasi SP4N-lapor! karena data dari para pelapor akan di jamin kerahasiaanya.

“Aplikasi ini juga menampung saran, masukan maupun apresiasi pada kinerja pemerintah,” sambungnya.

Saat ini pengaduan masyarakat bisa melalui medsos ataupun layanan yang di adakan oleh instansi pemerintah.

SP4N Lapor! merupakan salah satu bentuk kampanye komunikasi publik untuk membangun kesadaran masyarakat untuk melapor.

Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi mengkatakan saat ini masyarakat lebih banyak mengadu melalui medsos sebagai alternatif layanan di era revolusi digital.

“Selama enam bulan menjabat di Majalengka sudah ada 500 pengaduan yang mengadu melalui Instragam pribadi saya,” ujarnya saat membuka kegiatan.

Selain itu, Pemkab Majalengka juga membuka informasi publik melalui program Majalengka Berbicara (Mabar).

Mabar merupakan program unggulan dalam memberikan informasi ke masyarakat mengenai program pembangunan Pemkab Majalengka.

“Sangat penting menindaklanjuti keluhan masyarakat karena sebenarnya itu yang dibutuhkan masyarakat,” ungkap Dedi.

Desiminasi SP4N – Lapor! di laksanakan selama satu hari dengan menghadirkan narasumber dari Kemenpan RB dan Ombusman Jabar. ***

Continue Reading

Yang Lagi Trend