Ekbis
Daop 1 Jakarta Catat Lonjakan Kedatangan Penumpang Selama Awal 2025
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1) mencatat adanya tren meningkat pada arus kedatangan penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) ke Jakarta dan wilayah sekitarnya selama periode 1 hingga 9 Juli 2025. Jumlah penumpang yang tiba tercatat sebanyak 325.960 pelanggan, atau 2,4% lebih tinggi dibandingkan penumpang yang berangkat, yakni 318.196 pelanggan.
Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menjelaskan bahwa peningkatan kedatangan ini merupakan bagian dari arus balik libur sekolah, yang mulai terjadi sejak awal Juli.
“Lonjakan jumlah penumpang yang tiba menandai mulai berakhirnya masa liburan. KAI Daop 1 terus berkomitmen memastikan layanan berjalan optimal di tengah tingginya mobilitas masyarakat,” ujar Ixfan.
Penumpang Tiba (± 325,9 Ribu Pelanggan) dengan sebaran sebagai berikut :
1. Stasiun Gambir: 96.666
2. Stasiun Pasar Senen: 121.017
3. Stasiun Jatinegara: 37.714
4. Stasiun Bekasi: 46.146
5. Stasiun Cikarang: 12.164
6. Stasiun Karawang: 5.594
7. Stasiun Cikampek: 6.660
Penumpang Berangkat (± 318,2 Ribu Pelanggan) dengan sebaran sebagai berikut :
1. Stasiun Gambir: 100.620
2. Stasiun Pasar Senen: 131.249
3. Stasiun Jatinegara: 15.952
4. Stasiun Bekasi: 45.027
5. Stasiun Cikarang: 13.993
6. Stasiun Karawang: 5.479
7. Stasiun Cikampek: 5.876
Layanan Operasional
Selama periode tersebut, rata-rata 69 perjalanan KAJJ per hari dijalankan dari Daop 1 Jakarta, terdiri dari 35 perjalanan dari Stasiun Gambir dan 34 perjalanan dari Stasiun Pasar Senen.
Imbauan Kepada Penumpang
KAI Daop 1 Jakarta juga mengimbau seluruh pelanggan untuk selalu memperhatikan dan menjaga barang bawaannya, baik saat berada di dalam kereta maupun di area stasiun, agar tidak tertinggal. Jika menemukan barang tertinggal, pelanggan dapat segera melapor ke petugas atau layanan Lost and Found yang tersedia di stasiun.
“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada layanan KAI. Seluruh tim di Daop 1 terus siaga untuk memastikan perjalanan pelanggan berlangsung aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan,” tutup Ixfan.
Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui aplikasi Access by KAI, sosial media @KAI121, atau Contact Center KAI di 121.
Artikel ini juga tayang di VRITIMES
- Teknologi2 tahun ago
SamFW Tool 4.0 Tool Gratis FRP Samsung Cukup Satu Klik
- Lirik Lagu2 tahun ago
Lirik Lagu Mabok Ngeslot Anik Arnika Bahasa Cirebon Dan Bahasa Indonesia
- legal2 tahun ago
Dimana Ada Proyek Wajib Ada Papan Proyek, Ini Dasar Hukumnya
- Teknologi2 tahun ago
Download TFT Unlock 2023 V3.1.1.1 Update ByPass FRP Tool dan Unlock iPhone dan iPad
- Kuliner6 tahun ago
Menyesap Kopi Lunaira Usung Konsep Bayar Seikhlasnya
- Umum6 bulan ago
Istimewa, Bupati Terpilih Kuningan Dian Rachmat Yanuar Rayakan HUT ke-57
- Budaya7 bulan ago
Tradisi Memitu Indramayu Resmi Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia
- Umum7 bulan ago
BBGP Jabar Gelar Program Kareta Sobat di Gedung Linggarjati Kuningan